Cara Mengobati Penyakit BRONKHITIS DAN BOROK

BRONKHITIS

Penyakit ini timbul karena radang cabang batang tenggorokan (bronchili) bronchitis disebabkan oleh basil yang berterbangan disekitar kita penyakit ini ada dua macam: bronchitis biasa dan bronchitis menahun kedua jenis penyakit ini mudah menular dan beralih menjadi radang paru- paru (tbc).

Gejalanya.

·         Sering batuk- batuk pekat disertai lender.
·         Rasa nyeri dan panas pada bagian dada dan kadang- kadang pada tulang dada.
·         Pernafasan agak sukar dan terasa sesak
·         Kadang- kadang diikuti dengan kenaikan suhu badan

Perawatan.


a. Orang- aring 1 batang, rumput bolong 1 batang, daun bayam duri 1/3 genggam, adas 1 sendok teh, pilosari ½ jari, kayu angin ¼ genggam, gulau enau 3 jari, bahan- bahan ini dicuci bersih dan dipotong seperlunya. Rebuslah dengan air bersih 4 gelas dan biarakan sampai airnya tinggal ½ nya. Sesudah dingin disaring lalu diminum 2 kali sehari ½ gelas.


b. Daun poko 1/3 genggam, daun patikan kerbau 1/3 genggam, dicuci lalu digiling halus bubuhilah 2 sendok makan minyak jeruk sitrun dan remas baik- baik. Lumaskanlah pada leher lalu balut, lakukan 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.


c. Dua kaki kuda ½ genggam, dicuci lalu direbus dengan air bersih 3 gelas, sesudah airnya tinggal ¾ , dinginkan lalu minum dengan madu seperlunya. Lakukan 2-3 kali sehari @ ½ nngelas.


d. Bunga kembang sepatu 2 kuntum, dicuci bersih dan ditumbuk halus, Beri air masak 1 gelas dan garam sedikit. Peras dan saring lalu minum 2 kali sehari 2 sendok makan


BOROK

Keadaaan udara yang panas dan lembab, bahan makanan yang tak seimbang terutama bahan makanan yang kurang mengandung vitamin A sangat mempengaruh peredaran darah dalam tubuh. Perjalanan darah terdesak dalam pembuluh darah, akhirnya pecah dan menimbulkan luka- luka dalam kulit. Luka- luka pada kulit ini berubah menjadi borok. Dalam borok terdapat 2 macam bibit penyakit secara bersamaan, yakini basil yang berbentuk seperti sepu dan basil spirochaeta (basil berpilin-pilin berupa ular).

Gejalanya:


· Badan terasa demam dan nyeri


· Mula- mula tumbuh bintil- bintil kecil pada kulit, makin lama makin besar dan mendalam.


· Borok biasanya tertutup oleh lapisan yang berwarna coklat


· Baunya kurang sedap


Perawatannya:

a. Tempurung kelapa yang telah diambil sabutnya dikikis seperlunya dan dan ditabur rata pada borok 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan..


b. Kulit jeruk bali yang telsh dijemur kering dibakar sampai hangus, ditumbuk halus-halus lalu ditaburkan pada borok 2 kalisehari sebanyak yang diperlukan.


c. Daun lombok rawit 1/3 genggam dicuci dan digiling halus, dibubuhi garam seperlunya dan gunakanlah mengurap 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan


d. Daun kunyit 3 lembar, daun urat 6 lembar, daun maja 5 lembar, daun buntut tikus 8 lembar, duan leng- lengan/ daun setan 16 lembar, daun kepayang 6 lembar dicuci, dan ditumbuk halus- halus. Kemudian diremas dengan air perasan tembakau yang kental ½ gelas. Gunakanlah untuk mengurap borok 2 kali sehari sebnyak yang diperlukan


e. Daun beluntas 1/3 genggam, daun camcau 1/3 genggam, rumput jarum 1 batang, daun kesumba ¼ genggam, dicuci dan ditumbuk halus,, diremas dengan minyak kelapa seperlunya lalu digunakan mengurap borok